panelarrow

saya bukan blogger handal,jadi salah saya dalam menulis atau apapun mohon di maklumi :)) thanks

Kamis, 25 Juni 2015

Ares masakan unik dan khas Lombok

    Anda tau kenapa makanan ini disebut unik dan khas?Ya tentu,jawabannya adalah,Ares ini berbahan dasar dari pelepah pisang yang masih muda kemudian di masak menggunakan bumbu berempah rempah dan Ares ini masakan yang tidak akan anda temui di deerah lain.




     Memang keliatan agak ngeri,tapi setelah anda mencoba pasti anda akan ketagihan masakan ini yang gurih dan nikmat.Dahulu Ares ini tidak bisa kita nikmati setiap saat,karena sebagian besar masyarakat lombok memasak sayur Ares ini ketika ada acara - acara besar saja semisal begawe ( hajatan pernikahan ).Tapi seiring berkembang pesatnya pariwisata di lombok membuat ares ini di jadikan menu favorit  resto - resto  yang mengusung tema masakan tradisional yang bisa anda nikmati kapan saja.




    Cara pembuatan Ares ini adalah dengan cara mengupas kulit pisang bagian luar terlebih dahulu dan di sisakan bagian dalamnya yang masih muda,kemudian di iris tipis - tipis dan di cuci sambil di remas - remas untuk menghilangkan bekas getah yang tersisa.Kemudian Ares ini di masak dengan menggunakan bumbu kari,biasanya juga di tambahkan dengan daging.

 Ternyata masakan ini mempunyai latar belakang yang unuk juga,dahulu Pulau Lombok mengalami musim kekeringan yang sangat panjang sehingga tidak banyak tanaman yang bisa tumbuh. Bahkan banyak binatang ternak yang akhirnya mati karena kelaparan. Salah satu jenis pohon yang tetap bisa bertahan di tengah kekeringan adalah pohon pisang. Pohon pisang inilah yang kemudian menjadi pengganti rumput, makanan bagi ternak-ternak warga yang sudah kelaparan. Adalah lelaki bernama Loq Ares yang melihat sapi-sapinya lahap memakan pelepah pisang, tergerak untuk membuat sayur dari pelepah pisang. Setelah dimasak dan dirasakan, ternyata sayuran ini tidak kalah enak dengan makanan lainnya. Sejak itu, Loq Ares dianggap penemu masakan tradisional ini.

brembe ;)

2 komentar:

  1. tahun kemaren ke Lombok ga tau ada makanan ini. :( cuma makan apa tuh nasi balap ya selama disana.. :)

    BalasHapus
  2. hehe,nasi balap puyung juga sangat khas di lombok brad,sy sih lebih merekomendasikan mkan nasi balap drpda ares ini :p,cuma sebagai referensi aja sy nulis ini siapa tau konsumsi ares di lombok tambah meningkat dan perekonomian masy smkin maju :D soalnya bnyak skrg ares yg udh d jual di resto m
    brad,

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Unordered List

Copyright © TENTANG LOMBOK | Powered by Blogger
Design by AnarielDesign | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com